Web Designer, Web Developer, Web Programmer atau Web Master?

Bagi orang yang masih awam dalam hal Pembuatan Website mungkin istilah Web Designer, Web Developer, Web Programmer dan Web Master sangat membingungkan. Apa yang dimaksud dengan istilah Web Designer, Web Developer, Web Programmer dan Web Master? Apa beda-nya?

Mungkin yang lebih relevan artinya adalah antara Web Designer, Web Developer dan Web Programmer. Kalau Web Master mungkin bisa dipisahkan dari arti dan job description ketiga istilah tersebut (Web Designer, Web Developer dan Web Programmer). Baik langsung saja ya..

Web Master secara harfiah adalah Pemilik Web/Website yang adalah orang yang mempunyai modal/uang untuk membeli segala kebutuhan yang harus dibayar agar website-nya bisa online seperti biaya pembelian domain dan hosting. Jadi siapa saja bisa menjadi Web Master termasuk Web Designer, Web Developer ataupun Web Programmer asal dia mempunyai modal/uang. Bisa saja orang yang tidak mempunyai kemampuan sama sekali untuk bahasa pemrograman website menjadai Web Master dengan cara membayar Jasa Web Designer, Web Developer ataupun Wen Programmer. Sementara mungkin kalau Web Masternya adalah seorang Web Designer, Web Developer ataupun Web Programmer mungkin dia tidak memerlukan biaya lagi untuk meng-online-kan website nya karena bisa dikerjakan sendiri.

Web Designer adalah orang yang bertanggung jawab untuk tampilan website seperti lay our, harmonisasi warna, susunan button yang digunakan dengan menggunakan sofware editor gambar/grafis seperti photoshop, 3ds max, flash player dan lain sebagainya.

Kalau Web Programmer adalah orang yang bertanggung jawab bahasa pemrograman supaya tampilan offline karya dari Web Designer dan menu-menu website bisa di-online-kan dan diakses oleh pengunjung Website. Biasanya Web Programmer ini lebih berhubungan dengan bahasa pemrograman seperti coding/HTML.

Sedangkan Web Developer adalah orang atau sekelompok orang yang bertanggung jawab terhadap proses Web Development (riset, analisa perkembangan Website). Jumlah Web Developer bisa satu orang atupun lebih. Intinya Web Developer bertanggung jawab terhadap perkembangan Website (terhadap perkembanagn pasar) tergantung dari tujuan dari Pembuatan Website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s